Rabu, 17 Oktober 2012

Contoh membuat program menggunakan AWT

Perbedaan AWT dan Swing

AWT vs. Swing/JFC

o AWT
* Abstract Window Toolkit
* AWT memberikan beberapa komponen yang sederhana, tidak sebanyak Swing
* Memiliki beberapa masalah dalam pengimplementasiannya awal tahun 1996
* AWT menggambar/membuat interface dengan menggunakan “native peers” à pembuatan tombol AWT membuat hubungan yang sinkron dengan (Unix, Mac, Win 32) terhadap suatu screen,
* Keuntungan : aplikasi AWT memiliki penampilan yang asli/lugas (bawaan SO)
*
o Swing
* Juga disebut dengan JFC
* Di implementasikan oleh Java à seperti bytecode yang dapat berjalan ke semua platform
* Swing memiliki 10 kali lebih banyak class, dan kemampuan dibanding AWT
* Swing memiliki look-and-feel yang pluggable. Terlihat ketika pembuatan tombol


Ini contoh 1 program menggunakan AWT
hasil outputnya
 
 ini source kodenya 

package helloawt;

import java.awt.*;


public class HelloAWT extends Panel{
    HelloAWT () {
    setBackground (new Color(255,255,0));
    }
    public void paint(Graphics k ){
    k.fillRoundRect(10, 100, 200, 25, 20, 20);
    k.fillRoundRect(10, 100, 500, 25, 20, 20);
    k.setColor(Color.BLUE);
    k.setFont(new Font("Delius",Font.BOLD,24));//font face,type,font size
    k.drawString("Riki Saefulloh", 30, 125);// x,y
    k.drawString("RPL - 3", 400, 125);
   
    //Bulat
    k.setColor(Color.red);
    k.fillOval(50, 125, 400, 400);
    //Mata
    k.setColor(Color.green);
    k.fillOval(310, 250, 100, 25);
    k.fillOval(100, 250, 100, 25);
    //Bola Mata
    k.setColor(Color.gray);
    k.fillOval(340, 250, 50, 25);
    k.fillOval(130, 250, 50, 25);
   
    //k.drawLine(30, 100,100, 125); //x1,y1,x2,y2
    //mulut
    k.setColor(Color.white);
    k.fillArc(100, 300, 300, 100, 0, -180);
    Image gambar = Toolkit.getDefaultToolkit().getImage("sMokE gOod.gif");
    k.drawImage(gambar, 425, 450,150,80 ,this);
   
  
   
    //
    }
   
    public static void main(String[] args) {
     Frame f1 = new Frame();
     HelloAWT H = new HelloAWT();
     f1.add(H);
     f1.setSize(700, 600);
     f1.setVisible(true);
    }
}




Contoh 2
hasil outputnya :
ini Source kodenya :
/*
 * To change this template, choose Tools | Templates and open the template in
 * the editor.
 */
package awt1;

import java.awt.Color;
import java.awt.Frame;
import java.awt.Graphics;
import java.awt.Panel;


public class AWT1 extends Panel {
    AWT1 () {
        setBackground (new Color (255,255,255));
    }
   
    public void paint(Graphics u)
    {
       
    //Matahari
    u.setColor(Color.yellow);
    u.fillOval(500, 10, 80, 80);
   
    //Awan
    u.setColor(Color.blue);
    u.fillOval(20, 15, 70, 70);
    u.fillOval(50, 15, 70, 75);
    u.fillOval(100, 15, 70, 70);
   
    //Kotak Rumah
    u.setColor(Color.darkGray);
    u.fillRect(10, 300, 100, 150);
   
    //Pintu Rumah
    u.setColor(Color.LIGHT_GRAY);
    u.fillRect(50, 374, 50, 75);
    //Gagang Pintu
    u.setColor(Color.BLACK);
    u.fillOval(90, 400, 10, 15);
    //Atap
    u.setColor(Color.ORANGE);
    int x[] = new int[] {10,60,110};
    int y[] = new int [] {300,250,300};
    u.fillPolygon(x, y, 3);
   
    //Jalan
    u.setColor(Color.BLACK);
    int a[] = new int[] {100,600,350};
    int b[] = new int [] {450,270,450};
    u.fillPolygon(a, b, 3);
//    u.drawLine(100, 450, 600, 250);
//    u.drawLine(100, 550, 600, 350);
    //Garis Jalan
    u.setColor(Color.white);
    u.drawLine(270, 430, 300, 415);
     u.drawLine(320, 405, 350, 390);
     u.drawLine(370, 380, 420, 355);
     u.drawLine(440, 345, 490, 320);
    }
   
   
           

    public static void main(String[] args) {
     Frame f1 = new Frame();
     AWT1 H = new AWT1();
     f1.add(H);
     f1.setSize(650, 500);
     f1.setVisible(true);
       
    }
}
 

 
 
Semoga bermanfaat ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar